Bahan makanan sumber protein

d. Bahan makanan sumber protein
Menurut sumbernya protein terbagi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari berbagai bahan makanan dari hewan, sedangkan protein nabati adalah protein yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan.
Bahan-bahan makanan yang banyak mengandung protein hewan adalah sebagai berikut:

1). Daging Sebagai sumber protein
 
2). Ikan Sebagai sumber protein
Nilai gizi ikan tidak banyak bedanya dengan nilai protein daging. Disamping itu ada keuntungan lain karena hampir seluruh protein daging ikan dapat diserap oleh tubuh manusia.

Gambar Ikan

Kadar protein berbagai jenis ikan umumnya sama. Yang berbeda adalah kadar lemaknya. Ikan-ikan yang hidup diperairan yang beriklim tropis, umumnya tidak begitu tinggi kadar lemaknya. Lain halnya dengan ikan-ikan yang hidup didaerah yang beriklim dingin.

Kadar lemak dari ikan salem misalnya sampai 12 %, sedangkan kandungan lemak dalam ikan Herring hanya 9 %, Tetapi kadar air dalam daging ikan rata-rata lebih dari 70 %, sedangkan dalam daging hewan lain kira-kira 60 %. Unsur gizi lainnya banyak terdapat dalam ikan, antara lain vitamin A dan B, tetapi vitmin C hampir tidak ada.

Tabel Kadar protein dalam berbagai jenis ikan dan hasil olahannya
No Jenis Ikan Protein
(gr/100 gr bahan)
1. Bandeng 20
2. Bawal 19
3. Belut 14
4. Tawas 19
5. Gabus 25,2
6. Udang segar 21
7. Udang kuring 62,4
8. Kembung 22
9. Lemuru 20
10. Sardencis dalam kaleng 21,1

3). Telur sumber protein
Berat telur yang dihasilkan oleh ternak-ternak yang berasal dari daerah beriklim tropis rata-rata 40 – 45 gram yang  dapat dibagi menjadi :
o 12 % berat kulit
o 58 % berat putih telur
o 30 % kuning telurnya
Kulit telur sebagian besar terdiri dari calcium carbonat. Nilai gizi dari kuning telur dan putihnya agak berbeda, yaitu sebagai berikut:
o Kuning telur
kadar proteinnya 16 %, dan lemak 31 %
o Putih telur
kadar proteinnya 13 %, dan lemak 0.3 %.

Bagian dari telur yang mempunyai kandungan gizi lebih tinggi sebagai makanan adalah bagian kuning telur. Pada bagian ini yang utama terdapat asam-asam amino essesial yaitu triptopan.

Garam mineral yang banyak terdapat didalam telur adalah garam ferum dan fosfor, tetapi kalsium sedikit sekali.
Namun demikian telur tetap merupakan bahan makanan yang dijadikan pembanding untuk menentukan nilai cerna suatu bahan makanan lainnya.

Gambar  Bermacam – macam telur

Telur juga mengandung semua vitamin yang sangat
dibutuhkan tubuh kecuali vitamin C. Vitamin larut lemak (A, D, E,
K) serta vitamin yang larut dalam air (Tiamin, riboflavin, asam
pantotenat, niasin, asam folat dan vitamin B 12). Dalam telur
tidak terdapat karbohidrat, jadi pentingnya telur dalam hidangan
adalah semata-mata dari segi jumlah zat-zat pembangun yang
ada didalamnya.

Pada kuning telur kandungan kolesterolnya cukup tinggi.
Karena begitu lengkapnya kandungan zat gizi pada telur, maka telur sangat baik untuk makanan bayi dan anak-anak. Satu butir telur mengandung enam sampai tujuh gram protein. Protein telur mempunyai kualitas yang tinggi untuk pangan manusia. Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang berkualitas sangat baik sehingga dapat dipakai sebagai standar untuk mengevaluasi protein pada jenis pangan yang lain.

4). Susu sumber protein
Susu juga sumber protein hewani yang penting bagi mnusia.

Pada tabel berikut ini dapat dilihat kadar protein dari berbagai jenis susu.

Tabel Kadar protein dari berbagai jenis susu
Jenis susu Protein Lemak karbohidrat
Air susu ibu 1.2 % 3.7 % 7 %
Susu sapi 3.3 % 3.5 % 5 %
Susu kerbau 4.8 % 7.8 % 5 %
Susu kambing 4.0 % 4.0 % 5 %
Onta 4.0 % 4.0 % 5 %

Sumber: Syahmien Moehyi (1999)
Gambar Susu dan hasil olahannya

Pentingnya susu sebagai makanan manusia adalah karena protein susu mempunyai nilai yang sangat tinggi dan mudah dicernakan oleh susu manusia, sehingga dapat digunakan untuk menutupi kekurangan asam-asam amino essensial dari bahan makanan lainnya. Juga garam kalsium dan beberapa jenis unsur gizi lainnya. Tetapi harus diingat bahwa kadar garam ferum dalam susu, serta kadar vitamin A pada susu tidak begitu banyak. Hal ini sering menyebabkan anak-anak yang hanya diberi susu, dan tidak ditambah dengan bahan makanan lain yang mengandung kedua unsur itu akan menderita kekurangan vitamin A dan garam ferum.
Bahan-bahan makanan yang banyak mengandung Protein nabati.

1) Beras sebagai sumber protein.
Pada saat ini, sebagian besar masyarakat di Indonesia yaitu kira-kira 70 % dari kebutuhan protein dalam makanan penduduk adalah protein yang berasal dari beras.

Gambar Padi juga sumber protein

Keadaan seperti ini sebenarnya berbahaya, karena apabila dalam menu jumlah beras berkurang, maka dengan sendirinya kadar protein dalam makanan juga akan berkurang.
Inilah yang menjadi sebab mengapa dalam masa paceklik sering timbul bahaya busung lapar. Mutu protein beras dianggap teringgi diantara serealia terutama kandungan lisinnya.
Protein dalam bahan makanan yang dikonsumsi manusia akan diserap oleh usus dalam bentuk asam amino. Kadang-kadang beberapa asam amino yang merupakan peptida dan molekul-molekul protein kecil dapat juga diserap melalui dinding usus, masuk ke dalam pembuluh darah.
Hal semacam inilah yang akan menimbulkan reaksi-reaksi alergik dalam tubuh yang sering kali timbul pada orang yang makan bahan makanan yang mengandung protein hewani seperti susu, ikan laut, udang, telur, dan sebagainya.
 
2) Kacang-kacangan sebagai  sumber protein


ZAT GIZI YANG DIBUTUHKAN TUBUH

Selengkapnya tentang Belajar TEKNIK PERENCANAAN GIZI MAKANAN ..

 
Wedding Organizer dan Persewaan alat pesta terlengkap: Tenda Ok Rek | Sound system, tenda / terop, dekorasi, kuade / pelaminan, meja, kursi, peralatan makan, catering, prasmanan, panggung, karpet, taman indoor, piring, sendok, kipas angin, ac, diesel, asesoris, photo, video, wedding, prewedding, lukisan, karikatur, mobil, souvenir.