Sewa Terop di Surabaya

  Secara tanggalan Jawa, para petani padi secara iklim biasanya panen hasil sawah ketika musim Hujan selesai. Secara culture orang orang Jawa, kebiasaan yang dilakukan adalah sedekah baik itu sedekah bumi, sedekah hasil panen, sedekah “rendeng” atau sedekah musim hujan dan sebagainya.

 Hal itu dilakukan sebagai wujud upaya mereka untuk mensyukuri hasil panen yang mereka dapatkan. Secara alamiah, hal itu tidak ada hubungannya sama hasil panen berikutnya, tapi secara mitos mereka percaya bahwa itu akan berpengaruh terhadap hasil panen mereka yang berikutnya.

 Hal yang tidak kalah ramai ketika musim ini adalah musim hajatan, logika nya sederhana. Orang orang Jawa ketika selesai panen maka mereka akan memiliki Rezeki yang lumayan lebih, oleh sebab itu segala hajatan dilakukan pada waktu mereka menyelesaikan panen mereka dan mendapat hasil yang maksimal dari hasil panen itu.

 Hajatan yang dilakukan sifatnya umum, ada yang hajatan karena  khitan anak laki laki, ada yang hajatan karena menikahkan anak perempuan atau anak laki - lakinya, ada yang hatajan karena sebatas lamaran, ada yang hajatan karena sukuran dan pengajian dan sebagainya. Tentunya masih banyak lagi hal hal yang berkaitan dengan hajatan
Salah satu daerah di pulau Jawa yang masih terikat kuat dengan tradisi dan budaya diatas adalah kota Surabaya, kota Surabaya boleh dibilang sebagai kota semi metropolis dan dikategorikan sebagai kota paling maju setelah Jakarta. Tapi pada kenyataannya sebagian tanah yang ada di pinggiran kota Surabaya masih saja terdapat lahan lahan hijau yang menandakan bahwa Surabaya masih memiliki ruang bagi para petani untuk mengais rezeki.

 Dari sini sudah jelas, jika kota Surabaya masih memiliki sedikit ruang untuk agrarian maka sedikit banyak warga Surabaya masih terikat tradisi yang dijabarkan di atas yakni tradisi hajatan ketika musim panen, lebih tepatnya mungkin ketika musim hujan sudah mulai terkurangi curah nya.

 Hal inilah yang membuat Surabaya termasuk kota yang tingkat persewaan terop lumayan tinggi, karena adanya hajatan pasti nya membutuhkan terop untuk kelancaran acara hajatan tersebut. Sewa terop di Surabaya termasuk bisnis yang menjanjikan, dan sewa terop di Surabaya bisa digolongkan sebagai bisnis musiman. Tapi secara penghasilan juga tidak kalah, karena memang lumayan prospek. Itulah sedikit gambaran saya tentang sewa terop di Surabaya.





Terima kasih...


By : Dani Camara

 
Wedding Organizer dan Persewaan alat pesta terlengkap: Tenda Ok Rek | Sound system, tenda / terop, dekorasi, kuade / pelaminan, meja, kursi, peralatan makan, catering, prasmanan, panggung, karpet, taman indoor, piring, sendok, kipas angin, ac, diesel, asesoris, photo, video, wedding, prewedding, lukisan, karikatur, mobil, souvenir.